Rabu, 15 Oktober 2008

Aku Sayang Bumiku - Indri (51406020)





Bumi planet tempat kita hidup ini cuma satu, kalau bukan kita yang merawat kira-kira siapa ya? Ya tentu semua yang ada di dalamnya donk, termasuk kita. Bayangkan deh kalau misalnya Bumi tidak bisa ditinggali lagi, mau pindah ke mana kita? Oleh karena itu, kita semua harus belajar menjaga dan merawat Bumi ini.

Banyak cara yang bisa kita lakukan buat menjaga Bumi ini agar tetap baik. Cara-caranya bisa dengan mudah kalian lakukan. Dimulai dari hal-hal kecil yang ada di sekitar kita, seperti misalnya kalau kalian membeli permen karet di swalayan.

Biasanya kalau kalian membeli permen atau kue di sekolah, bungkusnya dibuang ke mana? Pernah tidak kalian menyelipkan sampahnya di sela-sela kursi atau mungkin langsung saja dibuang di jalanan? Kakak harap kalian tidak melakukannya ya.

Bila membeli permen atau kue, jangan lupa membuang bungkusnya di tempat sampah yang ada di sekitar kalian. Setelah kalian selesai makan permen karet misalnya, bekas permen karetnya juga jangan lupa dibuang di tempat sampah. Bayangin deh, kalau misalnya bekas permen karetnya kalian buang di bawah meja sekolah atau di jalanan. Setelah itu, tanpa sengaja teman kalian menyentuh bawah meja yang ada bekas permen karet itu, atau mungkin karena sampah itu kalian buang di jalanan, terus ada orang yang tidak sengaja menginjaknya. Adik-adik, kalau seperti itu kira-kira apa yang akan terjadi terhadap mereka ya?

Pasti mereka bakal marah kalau tahu yang membuang sampah tersebut adalah kalian. Tentu kalian juga tidak mau kalau dimarahi orang tuanya gara-gara sudah mengotori anak mereka. Iya kan?

Kalau kalian tidak mau begitu, jangan lupa membuang bungkus makanan atau minuman di tempat sampah. Kalau kalian membuang sampah tersebut sembarangan, lalu hujan, kemudian sampah itu ikut terbawa juga oleh hujan. Akhirnya sampah yang kalian buang tadi malah membuat saluran air tersumbat, sehingga air tidak bisa lewat saluran itu dan membuat banjir di mana-mana.

Selain itu, ada baiknya kalau kita juga belajar membatasi penggunaan kendaraan pribadi. Kalau kalian masih bisa bepergian dengan kendaraan umum, itu akan lebih baik. Atau kalian mau mencoba ke sekolah dengan bersepeda atau jalan kaki? Kan asyik, kita akan tambah sehat juga membantu mengurangi kadar CO2 di udara.

Kenapa sih kadar CO2 harus rendah?
Tahu kan kalau kadar CO2 tinggi akibatnya apa? Udara akan semakin tidak bersih dan penuh polusi. Kita akan sulit bernafas. Tumbuhan juga bakal sulit untuk berfotosintesis dan tumbuhnya akan lambat. Selain itu, kadar CO2 yang tinggi di udara akan membuat sinar matahari susah untuk keluar dan membuat suhu udara di Bumi semakin panas. Kalau sudah semakin panas, es yang ada di daerah kutub akan mencair. Bayangin deh, es sebanyak itu kalau mencair tentu akan membuat tinggi permukaan air laut meningkat. Setelah itu, air laut akan menggenangi seluruh pulau dan akhirnya pulau-pulau yang tingginya berada di bawah permukaan air laut tentu akan tenggelam. Dan mungkin sekali rumah kita juga ikut tenggelam.

Menakutkan bukan?
Oleh karena itu, ayo kita mulai menyayangi bumi kita ini. Lakukan saja apa yang kalian bisa. Sederhana bukan? Kalau semua orang bisa mengerjakan yang mereka bisa untuk Bumi kita, maka hasilnya akan besar sekali. Keadaan Bumi akan jauh lebih baik dimulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana.

Bagaimana adik-adik? Apakah kalian mau membuat Bumi kita tersenyum dengan menyayanginya?

Tidak ada komentar: